Tips Menambah Penghasilan Bagi Ibu Rumah Tangga

Posted on Updated on

uangTugas mencari nafkah dan menafkahi anak dan istri memang sudah menjadi kewajiban seorang suami. Sementara itu, untuk seorang istri, sudah menjadi kewajibannya untuk mengurus keperluan keluarga, mendidik anak dan memuliakan suami. Namun, peran seorang ibu rumah tangga pun ternyata bisa membantu menambah penghasilan keluarga. Meski hanya di dalam rumah, ibu rumah tangga rupanya bisa mendapat income tanpa menelantarkan keluarga. Anda penasaran? Berikut beberapa tipsnya untuk Anda:

Membuka tempat penitipan anak

Tentunya, Anda bisa menyulap sebagian ruangan di rumah Anda menjadi tempat penitipan anak. Anda bisa mengasuh anak-anak di jam-jam tertentu selama orang tuanya bekerja ataupun ada kepentingan. Untuk memulai bisnis rumahan ini, Anda bisa mencari informasi ke tetangga atau keluarga (khususnya para ibu yang bekerja) yang memang membutuhkan jasa penitipan anak. Selain itu, Anda pun bisa memasang iklan di koran, internet ataupun menyebar selebaran di sekitar rumah dan tempat umum, seperti tempat perbelanjaan.

Mengajar privat

Jika Anda memiliki pengalaman sebagai pengajar atau memang menguasai beberapa ilmu tertentu, seperti bahasa inggris, bahasa arab, tahsin Al-Qur’an, matematika ataupun mampu bermain musik tertentu dengan baik, alangkah baiknya Anda mulai mencoba untuk mengajar privat. Anda bisa mengirim surat penawaran bagi pihak sekolah di sekitar rumah Anda. Bisa juga dengan beriklan di koran lokal, internet, selebaran ataupun bekerjasama dengan komunitas homeschooling di sekitar Anda untuk menawarkan jasa privat Anda. Jika serius menekuni, Anda pun setahap demi setahap bisa mendirikan bimbingan belajar di rumah Anda sendiri.

Menjadi penulis dan editor

Jangan sia-siakan kemampuan menulis yang Anda miliki. Rupanya, menjadi penulis bisa menghasilkan penghasilan yang tidak sedikit. Anda bisa mengirim tulisan berupa cerpen, artikel, hasil liputan, feature untuk media massa (koran, majalah, tabloid) baik lokal, nasional ataupun internasional. Sering-seringlah juga mencari informasi di internet tentang penerbit dan media cetak, bisa saja mereka tengah membutuhkan penulis untuk menulis buku tertentu atau sedang membutuhkan kontributor untuk rubrik tertentu. Anda pun bisa meraup penghasilan dari menulis blog. Karena tak sedikit juga perusahaan dan penerbit yang bekerjasama dengan para blogger untuk mengisi tulisan di konten perusahaan ataupun membukukan tulisan-tulisan di blog Anda. Selain menjadi penulis, Anda bisa menjadi seorang editor. Tak sedikit penerbit buku yang membutuhkan editor. Dan pekerjaan mengedit tulisan bisa Anda kerjakan tanpa harus keluar rumah.

Bisnis online

Di masa kini, bisnis online sudah menjadi incaran yang menjanjikan. Anda tidak perlu memiliki toko untuk menjual produk-produk Anda, cukup dengan bisnis online, penghasilan Anda bisa mengalir dengan deras. Anda bisa membuat blog atau website untuk mengiklankan produk Anda. Atau, Anda pun bisa memanfaatkan jejaring sosial (Facebook, Twitter) untuk mengiklankan barang-barang jualan Anda semisal; baju, kerudung, makanan tahan lama, kosmetik ataupun alat-alat rumah tangga. Proses pembelian barang bisa menggunakan sistem transfer ke rekening Anda dan barang pun bisa diantar ke pembeli melalui jasa pengiriman paket.

Bisnis kerajinan

Jika Anda bisa menjahi atau memiliki hobi membuat kerajinan unik, Anda bisa memulai bisnis kerajinan. Barang-barang Anda bisa dijual sendiri dengan membuka gerai di rumah atau bisa di jual secara online. Jika ada bazaar kerajinan, Anda pun bisa mengikutinya untuk mempromosikan produk Anda ke masyarakat luas.

Bisnis makanan

Rupanya, dari hobi masak bisa mengucurkan uang yang tidak sedikit. Anda bisa membuka jasa katering makanan untuk acara pernikan, khitanan, atau acara-acara tertentu. Anda bisa menjual makanan ringan, berbagai macam kue ataupun beberapa jenis makanan berat untuk bisnis katering Anda. Selain dengan katering, Anda pun bisa menjual seperti biasa dengan membuka rumah makan atau menjual produk Anda ke toko-toko makanan di sekitar Anda.

Membuka rental

Kini, sudah menjamur bisnis rental kendaraan di Indonesia. Mulai dari mobil, motor bahkan sepeda. Bisnis yang cukup menjanjikan ini bisa Anda promosikan melalui internet, media cetak, selabaran ke tetangga atau tempat-tempat umum di sekitar rumah Anda.

Menjadi ilustrator dan desain grafis

Tak sedikit perusahaan, media cetak ataupun penerbit buku yang membutuhkan ilustrator untuk mereka. Kemampuan menggambar Anda bisa disalurkan dan rupanya bisa menghasilkan uang. Selain itu, jika Anda pandai menggunakan photoshop, corel draw atau program-program desain lainnya, Anda bisa memulai jasa desain grafis, semisal; membuat logo, kartu undangan, ataupun banner. Selamat mencoba! (Eika Vio)

Terbit di Majalah Percikan Iman Edisi Juni 2012

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s