Pembinaan Islam Cegah NII Kw 9 Masuk Ke SMA – SMA

Oleh: Tetsuko Eika

BANDUNG – Pengkaderan anggota NII kw 9 mulai melebarkan sayapnya ke SMA – SMA di Kota Bandung.  Masuknya NII ke sekolah akibat lemahnya pengawasan dan pemahaman keislaman siswa yang minim. NII pun bisa menyusup karena adanya pihak yang berpengaruh dalam instansi sekolah. “NII masuk ke sekolah-sekolah karena ada pihak dalam (guru) di sekolah, saat pembinaan keislaman tidak berjalan baik, dan saat kurangnya perhatian orang tua,” kata Andi Lasa, aktivis dakwah sekolah yang menjabat sebagai ketua Forum Alumni Rohis SMAN 16 Bandung periode 2005-2007, Minggu (1/5).

Menurut penuturan Chintia, ketua keputrian IRMA Luqman SMAN 10 Bandung, organisasi Rohis atau rohani islam menjadi sasaran empuk masuknya NII kw 9. “NII kerap menarik siswa yang tengah semangat mendalami islam, siswa yang pendiam, pintar, masih polos dan yang pandai berbicara,”ungkapnya. “Tentu akibat ramainya NII yang mulai ‘menggempur’ SMA, merugikan kiprah dakwah Rohis di sekolah. Kegiatan pembinaan keislaman menjadi tersendat akibat terlalu proteksinya pihak sekolah. Tak sedikit pula pihak guru yang ‘mencap’ kegiatan Rohis menyimpang, padahal peristiwa seperti itu tidak bisa digeneralisir ke semua Rohis di Kota Bandung. Banyak anggota Rohis yang ‘lurus’ dan menyebarkan kebaikan dengan cara yang benar,” terang Andi Lasa.

Menurut Ahmad Dahlan, yang kini tengah menjabat sebagai ketua LSM Jatinangor Fresh, perlu ada langkah-langkah jitu dalam memproteksi dan membersihkan gerakan NII di sekolah-sekolah. “Yang perlu dilakukan adalah mengoptimalkan penyampaian materi keislaman di sekolah,” tuturnya. Pernyataan tersebut menjadi penjelas bahwa siswa-siswa SMA perlu memiliki pemahaman keislaman yang baik agar mampu membedakan gerakan-gerakan yang menyimpang.[]

Pembinaan Islam Siswi SMA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s