Antara Inggris dan Sertifikasi Produk Halal

             

Pada hakikatnya, Allah telah menyerukan kepada seluruh umat manusia (muslim dan nonmuslim) untuk mengonsumsi makanan yang halal dan baik serta tidak mengikuti jejak syaitan yang selalu ingin menjerumuskan manusia ke jurang neraka. Hal tersebut tertuang dalam Firman Allah Surah al-Baqarah:168: “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS.2:168).

            Berawal dari pesatnya perkembangan umat Islam di dunia, termasuk di kawasan eropa, Inggris akhirnya menjadi pionir sebagai negara produsen produk halal di uni Eropa. Kini, di Inggris terdapat dua lembaga sertifikasi halal. Yang pertama adalah All Things Halal (ATH), yang baru resmi bergabung pada tahun 2011. Pada mulanya, ATH sejak 2005 sudah melakukan sertifikasi halal terhadap sejumlah produk non-meat seperti produk kosmetik, pembersih, produk laundry dan es krim.

            Sementara itu, lembaga kedua bernama Halal Monitoring Committee (HMC) yang merupakan lembaga nonprofit yang mulai melakukan kegiatan sertifikasi produk halal di Inggris sejak awal tahun 2003. HMC sendiri telah diakui secara internasional oleh International Halal Integrity Alliance (IHIA). Dan HMC beranggotakan ulama-ulama dan juga para ahli yang memfokuskan diri pada sertifikasi industri daging halal dan sektor produk daging unggas. Kini, ATH dan HMC saling bekerjasama sebagai langkah penyatuan standarisasi halal di Inggris.

            Dengan hadirnya lembaga sertifikasi produk halal di Inggris, banyak muslim yang tidak ragu lagi untuk makan di tempat-tempat yang bersertifikat produk halal dari HMC. Bahkan, kini produk-produk bersertifikat halal banyak bertebaran di supermarket Inggris. Seperti di supermarket ASDA, para muslim akan dimudahkan dengan gerai halal meat dan mudah menemukan makanan kemasan dengan label halal. Selain di ASDA, produk-produk halal pun bisa dijumpai di supermarket TESCO.

            Bahkan, jika dijumpai produk yang masih diragukan kehalalannya, muslim Inggris kini tidak segan-segan lagi untuk melaporkan produk tersebut. Seperti pada kasus donat Krispy Kreme yang sempat mencuat beberapa tahun lalu, karena adanya isu mengandung alkohol  dalam glaze donat (donat berlapis gula). Yang pada akhirnya, produk tersebut tidak ragu lagi untuk diawasi dan memperoleh sertifikat halal. Melihat kondisi tersebut berupa kemudahan-kemudahan muslim dalam mengonsumsi panganan halal di Inggris, merupakan bukti nyata bahwa Islam merupakan rahmat bagi seluruh umat manusia.

            Luar biasanya lagi, tidak hanya sertifikasi produk halal yang menjadi sorotan, di Inggris pun kini tengah membangun kompleks industri produk halal yang akan menjadi pusat produksi produk halal di Eropa. Pembangunan pusat industri yang akan diberi nama Super Halal Industrial Park (SHIP) ini tidak lepas dari bisnis produk halal yang makin berkembang dan menguntungkan. Lokasi SHIP itu sendiri akan dibangun di South Wales yang dikenal sebagai tempat produsen daging di Inggris. Komplek industri SHIP kelak akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gudang-gudang penyimpanan, fasilitas pengemasan produk, pemilihan dan pengolahan daging, serta fasilitas riset dan pengembangan. Kedepannya, jika pembangunan SHIP di Inggris sukses, akan dibangun proyek serupa di seluruh negara Eropa, terutama di negara yang jumlah populasi muslimnya tinggi seperti Jerman, Prancis dan Bosnia.

            Bahkan, tak hanya berkecimpung dalam produksi produk halal saja, Inggris yang kini memiliki empat bank Islam pun siap membangun bursa saham Islami untuk mendorong pertumbuhan perusahaan-perusahaan Islami. Ada dua kota yang menjadi pilihan tempat didirikannya bursa saham syariah ini, yaitu London atau Luxemburg.[] (Eika, dari berbagai sumber )

(Terbit di rubrik Dunia Islam Majalah Percikan Iman edisi Maret 2012)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s