Kisah Sang Sosok Istimewa

58love-love2

Sore ini aku berbincang dengan rekan kerja sambil jalan santai. Sang rekan bercerita tentang kisah kawannya yang digambarkan begitu istimewa. “Subhanallah teh, beliau itu baik banget. Dulu saya dan teman-teman pernah dibayarin angkot sama beliau. Subhanallah teh beliau itu masih muda tapi sudah S3 di ITB. Beliau teman se-ODOJ yang tilawahnya paling rajin dan disiplin. Pas ada acara datang suka paling awal.”

Aku mendengar curhatan rekan kerjaku itu dengan saksama. Membayangkan bagaimana sosok yang dikisahkan dalam ceritanya. Di tengah perjalanan kami menuju masjid untuk salat asar, sang rekan kemudian bercerita lagi. “Beliau itu dulunya seorang penari. Beliau hijrah dan kini tertarbiyah.”

Aku terhenyak. Dan entah mengapa terpikirkan banyak hal. Bahkan hati pun jadi bertanya-tanya.

“Apa yang istimewa dariku?”

“Apa amal kebaikan yang menjadi andalanku sehingga saat di akhirat nanti bisa mempermudah hisabku?”

“Tilawahku masih sangat biasa. Tak sebanding dengan sosok muslimah yang diceritakan oleh rekan kerjaku.”

“Bahkan aku jarang bersedakah. Membayarkan ongkos angkot juga entah pernah atau belum.”

“Dan yang parahnya aku seringkali kurang disiplin perihal waktu.”

“Ah begitu banyak kelemahanku dengan amal-amal lainnya. Lantas amal kebaikan apa yang bisa kubanggakan di hadapan Allah?”

Aku merenung panjang sepulang dari masjid menuju kantor. Dan rekan kerjaku itu masih bercerita tentang sosok istimewa itu. Dimanakah kini sang sosok istimewa itu? Ingin sekali kuucapkan terima kasih. Betapa kisah kebaikannya menginspirasiku. Membuatku berpikir dan merenung.

“Aku harus memiliki amal kebaikan andalan.”

Tinggalkan Balasan

