Si Kutu Buku

HD Gumilang Membaca

Di dunia ini ada beraneka ragam hobi yang digemari manusia. Ada yang menggilai mobil antik—yang semakin tua semakin mahal pula harganya. Ada juga yang menyukai tanaman hias—yang saking banyaknya ia mengoleksi tanaman, rumahnya bahkan disangka rumah tukang kebun, hehe. Dan masih banyak lagi jenis hobi yang tak bisa kuabsen satu per satu di sini. Meski begitu, ada satu hobi yang akan kuceritakan di sini. Satu buah hobi yang membuatku tergelitik ingin menuliskannya. Pasalnya, hobi itu menyerang suamiku sendiri. Sebuah hobi yang membuat suamiku jadi kutu buku!

Barangkali memang sudah lama suamiku gemar dengan buku—gemar di sini bukan berarti gemar makan buku ya, hehe, tapi membaca buku. Mungkin lama sebelum kami menikah suamiku sudah terlebih dahulu jatuh cinta pada buku. Setiap ia berjumpa dengan buku maka tiba-tiba saja ia terlihat ganas. Hwaaaaw (suara serigala)😀

Ya, dia bisa menjelma jadi jenis manusia lain. Ia akan mendadak antusias, dan bercerita banyak hal. Padahal, ia termasuk tipe lelaki introvert yang jarang berbicara. Namun, jika berjumpa dengan buku—terlebih buku yang digemarinya, ia akan kalap dan lupa diri. Ia akan berubah bak jadi seorang penyiar berita, atau bahkan pendongeng yang saking menghayatinya bisa sambil loncat sana loncat sini. Ya, suamiku senang menceritakan hal-hal menarik dari buku yang tengah dibacanya—terlebih saat aku hendak tidur, ia kerap bercerita isi buku padaku sebelum akhirnya aku terlelap di sampingnya. Anehnya, aku tak pernah cemburu terhadap rasa cintanya pada buku. Bahkan berharap cintanya pada buku semakin mekar. Semakin timbul. Semakin meriah.

Aku masih ingat kisah honeymoon kami pascamenikah. Biasanya jika pasangan lain bertamasya ke Pulau Dewata, atau bermalam di hotel daerah pegunungan dengan suhu dingin yang menggigit, maka kami—aku dan suami—memilih ber-honeymoon di Pesta Buku. Saat itu awal Februari 2014, kami bahkan berwisata ke bazaar buku setelah akad nikah mengikat kami. Ini memang gegara rencana suamiku. Dan aku ikut saja—meski agak dongkol juga. Barulah dari sana aku tahu—dari jumlah buku yang ia beli—bahwa suamiku memang gila buku. Gila baca!

Suamiku memang kutu buku. Ya, ia memang si kutu buku! Tiap kali kami berbelanja atau sekadar jalan-jalan ke super market dan mall—di manapun, aku terpaksa harus belama-lama menemaninya nongkrong di toko buku. Dan pada akhirnya belanjaan kami lebih didominasi dengan buku. Heuheu #tears.

Satu hal lagi yang membuktikan bahwa ia memang kutu buku. Setiap kali makan, ia lebih asyik ditemani dengan buku. Selama setahunan ini kami menikah, kuakui memang kami jarang mengobrol saat makan, lantaran suamiku lebih memilih “ngobrol” dengan buku ketimbang berbincang mesra dengan istri kesayangan. Hehe, tapi bagiku tak masalah. Selama aktivitas membaca itu bermanfaat, aku pun menyukainya. Bahkan mendukung dengan sepenuh hati. Karena bukankah suami istri itu harus saling menerima dan mengerti pasangannya?

Dan tetiba saja aku teringat dengan kesabaran suami berlama-lama membaca dan menulis di perpustakaan. Selama aku bekerja di kantor, selama itu pula ia menungguku sambil menulis buku, berbisnis buku online, dan membaca di Perpustakaan Bapusipda Jawa Barat. Aku pernah berkelakar padanya mengenai rasa bosan yang barangkali timbul. Ia bahkan malah menjawab dengan santai, “Mas tak pernah merasa bosan.”

Ya, baru kali ini aku berjumpa dengan lelaki yang begitu unik juga penyabar. Yang hatinya telah terpikat dengan lembaran-lembaran kertas. Yang hatinya telah terkunci pada jutaan kata yang dicetak. Dan dia adalah suamiku. Si kutu buku!

Meski bagaimanapun ia, entahlah, ia telah membuatku jatuh cinta lagi. Lagi. Dan lagi. Padanya.

Foto: pribadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s